Microsoft Umumkan 7 Edisi Windows 10

Perilisan sistem operasi baru milik Microsoft, Windows 10, diprediksi akan dilakukan Microsoft dalam beberapa bulan ke depan. Semakin mendekati waktu perilisannya, Microsoft akhirnya mengumumkan secara publik edisi-edisi dari sistem operasi tersebut yang telah mereka siapkan. Terdapat 6 edisi dari Windows 10 yang telah diumumkan serta 1 edisi yang disebut juga akan tersedia di kemudian hari.
windows-104
Tiga edisi utama Windows 10 yang ditujukan untuk konsumen akhir adalah Windows 10 Home, Windows 10 Pro, dan Windows 10 Mobile. Ketiga edisi tersebut, seperti janji Microsoft, akan tersedia sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows Phone 8.1. Sesuai dengan skema penamaan yang sudah digunakan Microsoft sebelumnya, Windows 10 Home akan lebih ditujukan untuk pengguna akhir untuk kebutuhan hiburan dan produktivitas sederhana, sementara Windows 10 Pro akan lebih banyak memuat fitur manajemen tambahan untuk kebutuhan bisnis. Sedangkan Windows 10 Mobile, tentu saja sesuai dengan namanya, akan ditujukan untuk perangkat smartphone dan tablet berlayar kecil.
Microsoft juga memperkenalkan Windows 10 Education yang ditujukan khusus untuk institusi pendidikan. Dua edisi lain, Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Mobile Enterprise, merupakan edisi yang ditujukan untuk PC dan perangkat mobile yang digunakan dalam perusahaan berskala besar dengan tambahan fitur manajemen. Ketiga edisi akan tersedia dalam bentuk volume licensing.
Satu edisi lain dari Windows 10 yang juga disebutkan oleh Microsoft adalah Windows 10 IoT Core yang nantinya diharapkan akan banyak digunakan di perangkat Internet of Things.
Munculnya 7 edisi Windows 10 tentu saja agak berbeda dengan apa yang sempat disebut beberapa bulan lalu, di mana Microsoft disebut akan mengurangi jumlah edisi Windows 10. Microsoft sendiri tampaknya memiliki rencana besar untuk Windows 10 dengan memperkenalkan lebih banyak edisi yang lebih disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Secara umum, dengan 7 edisi Windows 10, Microsoft ingin sistem operasi tersebut hadir tidak hanya di PC, baik desktop maupun laptop, tablet, smartphone, Holo Lens, Xbox One, dan berbagai perangkat wearable kreatif lain.

Sumber : JagatReview.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »