Makalah Game Galaxy War

MAKALAH PEMBUATAN GAME

 “GALAXY WAR”





Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
M. Ilham Afemi
Ray Cevaz Rizqie
Rio Octaviano




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017



PENDAHULUAN

Melihat perkembangan teknologi game saat ini kita bisa melihat bahwa game-game yang dihadirkan dalam masyarakat dapat mengisi kegiatan kosong kita. Oleh karena itu dalam memanfaatkan waktu kosong kita dapat mengisinya dengan kegiatan yang seru namun juga bermanfaat. Maka dari itu sebenarmya tidak semua game selalu memberikan dampak negatif. Contohnya saja game berjenis Pesawat Tempur, jika dilihat dari jenisnya banyak orang mengira bahwa game ini dikhususkan untuk anak-anak karena desainnya yang sederhana. Tetapi sebenarnya game ini juga dapat dimainkan oleh semua golongan dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa, karena untuk memainkan game ini perlu konsentrasi yang tinggi untuk bisa menyelesaikan level yang lebih sulit. Dengan keniginan pemain game agar mendapatkan skor tertinggi maka game ini dapat meningkatkan ketangkasan dan kreativitas.

Game merupakan salah satu hal yang sangat diminati oleh masyarakat, seiring perkembangan jaman saat ini berbagai game sangat mudah dijumpai, dengan demikian seharusnya para development game dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat tersebut untuk membuat sarana edukasi melalui game. Sehingga membuat pemain game khususnya anak-anak yang bosan dalam belajar dapat meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas ketika bermain game. Hal tersebut yang melatar belakangi kelompok ini menulis makalah ini.

Tujuan dari game in dibuat adalah untuk meningkatakan dan mengasah kreativitas anak. Jadi anak menjadi lebih tangkas dalam menyelesaikan masalah dan untuk developer game kedepannya agar dapat membuat game yang memberikan edukasi ke anak – anak yang lebih baik.







PEMBAHASAN

Sekilas Tentang Greenfoot

Greenfoot merupakan sebuah IDE berbasis java yang dikhususkan untuk pembuatan game sederhana. Greenfoot diprakarsai oleh Michael Kolliung pada tahun 2003. Prototype yang pertama dibangun oleh Poul Henriksson dan Michael Kolling pada tahun 2003/2004. semenjak tahun 2005 pembuatan greenfoot ini dilanjutkan dengan melibatkan anggota kelompok dari University of Kent dan Deakin University.

Pada awalnya, greenfoot bertujuan untuk menarik minat anak-anak untuk belajar pemrograman, greenfoot ini cocok untuk anak usia 13 tahun ke atas. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Selain berbentuk teks seperti editor lainnya, pada greenfoot ini terdapat perangkat alat bantu seperti class browser, editor dan compiler. Greenfoot juga mendukung bahasa Java secara utuh. Denagn adanya bantuan bperangkat-perangkat tadi, konsep OOP pada greenfoot lebih mudah dimengerti.

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API).

Beberapa keunggulan java yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java tidak menyediakan fitur-fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan manual, sekarang digantikan dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori. Bagi pemrogram yang sudah mengenal bahasa C++ akan cepat belajar susunan bahasa Java namun harus waspada karena mungkin Java mengambil arah (semantiks) yang berbeda dibanding C++.







Flowchart

Pembuatan


  1. Pertama-tama download greenfoot di https://www.greenfoot.org/download untuk windows kemudian install seperti biasa.
  2. Lalu buka greenfoot dan klik scenario – new Java Scenario lalu pilih folder yang mau di tuju.
  3. Berikut adalah penjelasan dari icon yang ada pada game :



  • icon player sebagai pesawat yang akan dikendalikan
  • icon fireball sebagai peluru yang ditembakkan dari semua pesawat yang ada.
  • icon life sebagai indikator untuk mengetahui banyaknya nyawa
  • icon efek jika pesawat boss meledak
  • icon untuk menampilkan game over
  • icon untuk menampilkan next level
  • icon ini sebagai pesawat musuh
  • icon pesawat boss
  • icon untuk background
  • icon jika pesawat player meledak
4. Saat editor engine dari greenfoot terbuka klik kanan pada instance dari world  dan ganti namanya dengan background.

e. Klik kanan pada background dan pilih open editor

f. Berikut adalah beberapa  fungsi untuk komponen


  • layar background
public Background() 
{
       super(700, 800, 1);
        getBackground().setColor(Color.BLACK);
        getBackground().fill();



  • background music

GreenfootSound backgroundMusic = new GreenfootSound("music.mp3");





  • tampilan nyawa

int amountOfLives = 5 ; //amount of lives, may go up or down
Life life1 = new Life(); //always start with this life
Life life2 = new Life(); //always start with this life
Life life3 = new Life(); //gained if earned extra life
Life life4 = new Life(); //gained if earned extra life
Life life5 = new Life(); //gained if earned extra life


  • tampilan score dan level pertama kali

    int score = 0 ; //score of game
    int level = 1 ; //level player is on


  • tampilan saat nyawa berkurang

    public void loseLife(){
        if(amountOfLives == 4){
            removeObject(this.life5);


  • fungsi untuk mengeluarkan tampilan dan suara peluru

public class Bullet extends Bullets{
    
    /* public Bullet()
    {
        setRotation(0);
        GreenfootImage image = getImage();
        image.scale(image.getWidth() / 7, image.getHeight() / 7);
        setImage(image);
        Greenfoot.playSound("EnergyGun.wav");
    }
    */


  • fungsi menampilkan game over

public void displayGameOver(){
        Greenfoot.delay(30);
        this.setImage("GameOverImage2.bmp");
        Greenfoot.delay(30);
        this.setImage("GameOverImage1.bmp");
        Greenfoot.delay(30);
        this.setImage("GameOverImage2.bmp");
        Greenfoot.delay(30);
    }


  • menampilkan pesawat player

        Ship rocket = new Ship();
        addObject(rocket, getWidth()/2, getHeight()/2 + 350);
        rocket.setRotation(0);


  • menampilkan bintang

        stars = new Star[100];
        for(int i = 0; i < 100; i++)
        {
            int random = Greenfoot.getRandomNumber(3) + 1;
            if(random == 3)
            {
                stars[i] = new Star(3); 
                addObject(stars[i], Greenfoot.getRandomNumber(getWidth()), Greenfoot.getRandomNumber(getHeight())); //getHeight()/2 - 20);
            } else if(random == 2)
            {
                stars[i] = new Star(2); 
                addObject(stars[i], Greenfoot.getRandomNumber(getWidth()), Greenfoot.getRandomNumber(getHeight()));
            } else if(random == 1)
            {
                stars[i] = new Star(1); 
                addObject(stars[i], Greenfoot.getRandomNumber(getWidth()), Greenfoot.getRandomNumber(getHeight()));
            }
        }


  • fungsi menampilkan pesawat musuh

        for(int i = 0 ; i < 8 ; i++){ //this adds all enemies

            addObject(new Enemy1(), 70 + 80*i, 100) ;
            addObject(new Enemy2(), 70 + 80*i, 200) ;
            if(i % 2 == 0){
                addObject(new Enemy3(), 70 + 80*i, 300) ;
            }
        } 







  • fungsi menampilkan level

    public void repaintEnemies(){
        if(level >= 1 && level < 5){
            for(int i = 0 ; i < 8 ; i++){
                addObject(new Enemy1(), 70 + 80*i, 150) ;
                addObject(new Enemy2(), 70 + 80*i, 250) ;
                if(level == 2){ //enemy amount increases after level three
                    addObject(new Enemy1(), 70 + 80*i, 50) ;
                    amountOfEnemies = 28 ;
                }


Aturan bermain


  • buka file gamenya terlebih dahulu
  • lalu klik run pada icon dibawah ini
  • lalu kita gerakan pesawatnya untuk melawan musuh yang ada
  • bila life point kita habis maka kita akan kalah 
  • bila kita telah menghancurkan semua musuh maka kita akan pindah ke level selanjutnya


OUTPUT


 



KESIMPULAN

Kesimpulan

Game merupakan salah satu hal yang sangat diminati oleh masyarakat, seiring perkembangan jaman saat ini berbagai game sangat mudah dijumpai, dengan demikian seharusnya para development game dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat tersebut untuk membuat sarana edukasi melalui game. Sehingga membuat pemain game khususnya anak-anak yang bosan dalam belajar dapat meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas ketika bermain game.

Saran

Kelompok kami menyadari masih banyak kekurangan pada pembuatan game “Galaxy War” dari segi game maupun makalah yang dibuat, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan agar kelompok kami dapat menciptakan game yang lebih baik lagi.
 
 
 
LINK DOWNLOAD

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »