Sejarah dan Analisis Game Arcade Donkey Kong


Game Arcade

game arcade adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan untuk bersenang-senang sebagai pengisi waktu senggang atau hanya untuk mencari nilai tertinggi saja.
Ciri-ciri game arcade adalah mempunyai level yang singkat, kontrol yang mudah, serta tingkat kesulitan yang bertambah dengan cepat.
Game seperti ini sangat cocok dan banyak digemari anak-anak. Mengapa? Karena menstimulasi otak untuk lebih kreatif dalam memecahkan permasalahan dengan waktu yang singkat. Alasan lainnya adalah kontrol permainan biasanya lebih mudah atausederhana (tidak banyak tombol). Seperti yang disebutkan di awal, game semacam ini mampu membuat otak, mata dan tangan dapat berkoordinasi dengan baik. Selain itu game seperti ini dapat membantu anak untuk lebih berkonsentrasi.

Contoh game arcade yang saya pilih adalah Donkey Kong

Donkey Kong

 

Sejarah Singkat Donkey Kong

Semuanya dimulai ketika Shigeru Miyamoto pertama mulai bekerja untuk Nintendo di tahun 80. Miyamoto membuat sebuah plot game unik dan konyol yang bercerita tentang seekor Gorila menculik kekasih seorang pekerja, Maka dari itu Donkey Kong lahir.
Ide untuk nama Kong berasal dari film King Kong dan bagian 'Donkey' tampaknya dimaksudkan bodoh menurut kamus / Inggris Jepang.
Popularitas game arcade ini langsung melejit pada awal peluncurannya tahun 1981.

Character Info

Karakter dalam game Donkey Kong hanya ada 3 karakter sederhana yaitu satu tokoh utama Pekerja, Putri alias kekasih dari Pekerja yang diculik oleh Donkey Kong, dan musuh dari pekerja yaitu Donkey Kong . Hemmm buat kamu yang pernah memainkan game ini pasti tau siapa mereka. kita ulas satu persatu.

https://i.ytimg.com/vi/GMoiTggBUDw/maxresdefault.jpg  
Donkey Kong atau Donki Kongu dalam bahasa Jepang merupakan musuh dari karakter utama yang menculik putri, Donkey Kong akan melempari gentong minuman untuk membuat pekerja tidak bisa naik menggapai sang putri.

 


Putri Pauline adalah kekasih dari pekerja yang diculik oleh Donkey Kong. Di dalam game si putri ini hanya teriak teriak minta tolong aja hemmm ...





Work Man atau si pekerja di dalam game panggilannya adalah JumpMan yang berusaha untuk menyelamatkan kekasihnya putri Pauline.
pada tau kan nantinya dia ini siapa??
yak benar sekali dia adalah Mario Bros, game Donkey King dibuat sebelum adanya game Mario Bros, jadi di dalam game ini si Mario hanya dipanggil JumpMan bukan Mario Bros.


Game Play

Pada game ini Player diberikan standard nyawanya hanya 2. Tujuan dari game ini adalah menggapai puncak untuk menyelamatkan sang putri tapi tidak semudah itu, Donkey Kong akan melempari gentong-gentong air untuk menjatuhkan JumpMan agar tidak bisa menggapai sang putri.

Maximal level / tingkatan dari game ini adalah level 4 . masing-masing level mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda semakin tinggi levelnya maka tingkat kesulitannya semakin tinggi.

Fiture
  • Palu : Berfungsi untuk membantu JumpMan menghancurkan halangan gentong-gentong air yang dilempar Donkey Kong 

Game Kontroller

Permainan ini cukup sederhana . Arahkan JumpMan kiri dan kanan pada balok penopang menggunakan arrow kanan dan kiri, naik dan turun tangga dengan menggunakan arrow atas atau bawah, lompat atau pukul jika menggunakan palu dengan menekan space.

Algoritma Donkey Kong

Algoritma Greedy
Algoritma ini bertugas untuk memecahkan masalah langkah per langkah, pada setiap langkah Mengambil pilihan yang terbaik yang dapat diperoleh pada saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi ke depan  “take what you can get now!”

Console Donkey Kong

Donkey Kong pada awalnya merupakan Game mesin dingdong tahun 1980an namun seiring Perkemangan teknologi Donkey Kong dapat dimainkan di hampir semua operation system yang ada saat ini.
  • Mesin Dongdong
  • Gameboy
  • Nitendo

Kelebihan

  • Dapat melatih ketangkasan, kecerdasan dan kemampuan berpikir cepat dalam memainkan game Donkey Kong serta pengambilan keputusan yang tepat saat mencoba mencari jalan terbaik untuk melewati rintangan
  • Game Controler yang sangat mudah
  • Gameplay yang sangat baik dengan adanya tangga dan palu sebagai alat bantu menyelesaikan game
  • System Requirement yang sangat ringan untuk di jalankan

 Kekurangan

  •  Hanya tersedia 4 level / tingkatan permainan

Sumber

http://www.classicgaming.cc/classics/donkey-kong/
http://donkeykong.wikia.com/wiki/Donkey_Kong_Wiki
https://en.wikipedia.org/wiki/Donkey_Kong
https://en.wikipedia.org/wiki/Donkey_Kong_(video_game)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »