BAB 1
TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
DAFTAR ISI
Daftar Isi
KATA PENGANTAR
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 Ilmu Budaya Dasar sebagai MKDU
2.2 Pengertian Ilmu Budaya Dasar
2.3 Tujuan Ilmu Budaya Dasar
2.4 Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
BAB 3 PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
KATA PENGANTAR
Begitu banyak nikmat yang Allah telah berikan tapi sedikit sekali yang kita ingat, segala puji hanyalah milik Allah SWT yang masih setia mencurahkan berjuta cinta dan kasihnya kepada kita semua sehingga kita masih sempat ,menghirup udara dari alamnya dan memandang hamparan ciptaannya serta masih diberikan kekuatan iman,nikmat,berkah,rahmat serta taufik-Nya yang tiada terkira besarnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Ilmu Budaya Dasar yang berjjudul ''Tinjauan Ilmu Budaya Dasar "
BAB 1
PENDAHULUAN
1. MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU)
Mata Kuliah Dasar Umum pada dasarnya adalah untuk membantu perkembangan pendidikan bagi mahasiswa,agar memperoleh ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota terpelajar Indonesia,sehingga tidak saja golongan terpelajar itu mendapat pengetahuan keterampilan , tetapi juga menunjukkan kepribadian yang khas,sesuai dengan nilai-nilai hokum bangsa sendiri .Pendidikan ini bersifat intelektual dan yang bersifat kejiwaan guna mendidik kepribadian sebagai keseluruhan agar kaum terpelajar menjadi ahli ilmu pengetahuan (ilmuwan) yang dapat mengembangkan nusa,bangsa,Negara dan pribafi sesuai dengan Pancasila (Raker Rektor se Indonesia ,1980)
Mata Kuliah Dasar pada perguruan Tinggi dikelompokkan menjadi 2(dua) bagian .
Pada kelompok pertama,diharapkan dapat memberi dasar-dasar pedoman untuk bertindak warga Negara yang terpelajar ,yang meliputi mata kuliah :
1.Agama
2.Pancasila
3.Kewiraan
Ketiga mata kuliah kelompok pertama tersebut diatas merupakan mata kuliah intrakurikuler yang diwajibkan kepada semua mahasiswa yang dinilai dan ikut menentukan kenaikan tingkat,jenjang pendidikan dan ujian- ujian. Sedangkan pada kelompok kedua, diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa berkenaan dengan lingkungan alamiah,lingkungan social dan meliputi mata kulliah
1.Ilmu Sosial Dasar (ISD)
2.Ilmu Budaya Dasar (IBD)
3.Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
Mata kuliah Ilmu budaya Dasar merupakan salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai kebudayaan , tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari .Apakah hal ini perlu…? Hal ini perlu ,sebab dirasakan nya kekurangan pada sistem pendidikan kita ,baik pada tingkat menengah maupun pada tingkat perguruan tinggi.Mungkin banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan itu terjadi tapi ,salah satu yang penting adalah sisitem pendidikan kita .Tidaklah dapat disangkal ,bahwaruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia-manusia spesialis yg tidak berpandangan luas .
Inilah kegunaan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini ,agar semua lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan pembicaraan yang lebih baik agar interaksi antara intelektual kita lebih sering dengan akibat positif bagi pembangunan Negara kita pada umumnya dan pebaikan pendidikan pada khususnya.
Dengan mempelajari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan agar para akademisi lebih lancer dalam berkomunikasi .Kelancaran berkomunikasi ini selanjitnya akan memperlancar pula pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani oleh para cendikiawan dari berbagai lapangan keahlian ,mahasiswa juga diharapkan nantinya memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang budaya Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat untuk mendalaminya lebih lanjut ,dan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri denagn kreatif.
1.1 LATAR BELAKANG
latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:
1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Mengapa Ilmu Budaya Dasar termasuk MKDU ?
2. Apa yang dimaksud dengan Ilmu Budaya Dasar ?
3. Apakah tujuan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ?
4. Apa saja ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar ?
1.3 TUJUAN PENULISAN
1. Untuk mengetahui Ilmu Budaya Dasar termasuk MKDU
2. Untuk mengetahui pengertian Ilmu Budaya Dasar
3. Untuk mengetahui tujuan Ilmu Budaya Dasar
4. Untuk mengetahui ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Ilmu Budaya Dasar sebagai MKDU
1. ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU)
Ilmu Budaya Dasat telah kita ketahui bahwa bukanlah ilmu yang monolit atau ilmu yang tunggal.ia lebih tepat disebut sebagai ilmu “ilmu gabungan” , yang secara bersama-sama atau sendiri-sendiri dapat dipakai sebagai alat untuk memcahkan berbagai masalah yang dihadapi manusia sebagai makhuk yang berbudaya, baik dalam kedudukannya sebagai makhluk individu ,makhluk social maupun makhluk ciptaan Tuhan.
Komponen yang paling utama dalam membentuk Ilmu Budaya Dasar adalah
· Filsafat
· Teologi
· Sejarah
· Seni
§ Filsafat yang sering disebut sebagai induk ilmu, merupakan yang berusaha memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sangat esensial
§ Teologi atau yang sering disebut dengan ilmu agama,akan mengajar kpada kita tentang manusia,sejarahnya,tujuannya,tugas dan tanggung jawab di dunia sebagi makhluk ciptaan Tuhan
§ Sejarah juga memberikan andil kepada manusia untuk mengerti siapa dia sebenarnya itu.sejarah menceritakan kepada kita bagaimana orang-orang yang terdahulu hidup dalam arti yang seluas-luasnya ,tentang adat-istiadat,pandangan hidup bahkan asal usulnya
§ Seni adalah perwujudan kekaguman dan sekaligus penghargaan manusia terhadap keindahan nilai-nilai yang ditemuinya dalam kehidupanseni dapat pula dikatakan sebagai bukti keunggulan manusia diantara makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya
Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu kompnen dari mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib diseua perguruan tinggi .
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1. Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan dan segala tindakannya mencerminkan nili nilai pancasila
2. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,menjalankan perintah agama
3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyelesaikan masalah
4. Memiliki pandangan kehidupan yang luas dalam bermasyarakat
Jadi pedidikan umum yang yang menitik beratkan pada usaha untuk mengembangka kepribadian mahasiswa ,pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah- mata kuliah Bantu
2.2 Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah ilmu budaya dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berkaitan dengan nilai – nilai yaitu nilai – nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga besar, yaitu:
1. Ilmu ilmu alamiah (NATURAL SCIENCE )
Ilmu ilmu alamiah bertujuab mengetahui keteraturan keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2. Ilmu ilmu social ( social science )
Ilmu ilmu alamiah bertujuab mengetahui keteraturan keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia .
3. Pengetahuan budaya ( the humanities )
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.Pengetahuan budaya dibatasi oleh pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin ) seni dan filsafat
2.3 Tujuan ILmu Budaya Dasar
Berdasarkan Keputusan Dijendikti ari Depdikbud No.32/DJ/Kep/1983 diadakannya mata kuliahIlmu Budaya Dasar semata mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepriabadian mahasiswa denagan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap aspek aspek budaya ,baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya amupun yang menyangkut dirinya sendiri .Untuk bias menyangkut tujuan tersbut IBD diharapkan dapat :
Ø mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya ,sehingga dapat menyesuaikan diridengan lingkumgam yang baru
Ø Memberi kesempatan mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan kebudayaan
Ø Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh kedalam sifat sifat kedaerahan dan pengkotkan disiplin ilmu yang ketat
Ø Mengusahakan wahana komunikasi para akadmii agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain ,supaya para akademisi mampu berkomunikasi dengan lebih lancar
2.4 Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Masalah pokok untuk menentukan ruang lingkup IBD adalah:
Aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya,baik dari segi keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
Hasil manusia yang universal akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayan masing – masing zaman dan tempat.
Pokok bahasan yang dikembangkan adalah:
pokok pembahasan yaitu :
1. manusia dan cinta kasih (contoh : kasih sayang, kemesraan, pemujaan)
2. manusia dan keindahan (contoh : renungan, kehalusan, keserasian)
3. manusia dan penderitaan (contoh : rasa sakit, siksaan, kesengsaraan)
4. manusia dan keadilan (contoh : kejujuran, pembalasan)
5. manusia dan pandangan hidup (contoh : cita-cita, kebajikan)
7. manusia dan kegelisahan (contoh : keterasingan, kesepian, letidakpastian)
8. manusia dan tanggung jawab serta pengabdian (contoh : kesadaran, pengorbanan)
9. manusia dan harapan (contoh : kepercayaan, harapan)
Dari pokok pembahasan tersebut masalah-masalah manusia sangat berorientasi pada kebudayaaannya. Dalam hal ini masalah yang dikaji antara manusia dan kebudayaan biasanya bisa diwujudkan melalui suatu karya-karya seni seperti sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya yang dibuat untuk mengungkapkan lebih dari dari satu masalah. Ilmu budaya dasar menggunakan karya-karya yang terdapat pada pengetahuan budaya untuk mendekati masalah-masalah kemanusiaan dan budaya.
BAB 3
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Kebudayaan yang ada di Indonesia harus kita lestarikan dan Pemerintah serta Masyarakat harus berperan aktif dalam hal ini. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat dan pemerintahannya. Seperti yang telah dikemukakan oleh Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski “ bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri”. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
3.2 SARAN
Jadi kita harus sadar betapa mahal dan pentingnya kebudayaan itu untuk bangsa, karena bangsa kita adalah bangsa yang kaya akan hasil bumi, suku, kebudayaan dan panorama alam yang begitu indah. Lindungilah dan lestarikanlah kebudayaan kita dan jangan sampai kebudayaan kita rusak dan hilang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar